Minggu, 14 Oktober 2018

Skybridge Beroperasi, Pedagang Tanah Abang Cemas

Ist.
Beritabatavia.com - Puluhan para pedagang di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, mengalami kecemasan tanf memuncak akibat skybridge dioperasikan pada Senin, 15 Oktober 2018. Pasalnya Skybridge belum layak operasi, belum dilakukan survey kelayakan juga tangga untuk naik ke atas Skybridge belum tersedia, Sehingga terkesan proyek ini dipaksakan dan tidak menilai dampak buruk jika terjad hal-hal tak diinginkan.

Ronal (32), salah satu pedagang Tanah Abang menilai bangunan skybridge belum layak operasi. Contohnya, tangga untuk naik ke atas skybridge belum tersedia. "Makanya gua juga bingung bagaimana naiknya," kata Ronal di pasar Tanah Abang, Ahad (14/10/2018).

Skybridge Tanah Abang ditargetkan beroperasi pada 15 Oktober 2018. Direktur Utama PD Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan menargetkan 100 PKL dapat berjualan pada hari pertama pembukaan.

Ronal sendiri merupakan pedagang yang mendapat nomor urut 32. Dia menunjukkan kepada Tempo titik lokasi tangga skybridge yang belum terbangun. Lokasi tersebut dipagari seng yang lazim digunakan dalam pekerjaan konstruksi. Di dalamnya terlihat lubang galian berukuran sekitar 2 x 2 meter dengan kedalaman sekitar 10 centimeter.

Ronal mengatakan telah siap pindah ke skybridge. Menurut dia, berjualan di tangga multifungsi itu akan lebih nyaman daripada dibawah, karena tidak kepanasan dan kehujanan.

Namun, Ronal mengaku tidak mengetahui teknis perpindahan Senin depan. Menurut dia, setelah mendapat kupon undian lokasi, dirinya dijanjikan akan dihubungi panitia. "Tapi teknisnya belum dikasih tau sampai sekarang," kata Ronal yang telah berdagang selama lima tahun di Tanah Abang.

Para pekerja dengan rompi dan helm kontruksi masih berkeliaran di area pembangunan skybridge, di depan Stasiun Tanah Abang. Para pekerja berada di lantai bawah maupun lantai atas masih tampak sibuk bekerja. Atap skybridge terlihat belum sepenuhnya terpasang. Di bagian bawah, material bangunan masih belum dirapikan.

Pedagang lain, Jimmy, 42 tahun juga merasakan kekhawatiran yang sama atas kesiapan skybridge saat ini. Walau dirinya belum akan pindah pada hari Senin depan karena mendapat nomor urut 316, Jimmy menilai skybridge belum layak untuk berjualan. "Sepertinya Senin besok seremonial aja," dia menduga. 0 TMO

Berita Terpopuler
Kamis, 15 November 2018