Selasa, 16 Oktober 2018

Jokowi: Fasilitas Umum Disabilitas di GBK Belum Maksimal

Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai fasilitas umum di Kompleks Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta belum maksimal dalam mengakomodasi kebutuhan masyarakat berkebutuhan khusus. Jokowi meninjau fasilitas umum untuk masyarakat berkebutuhan khusus. Mulai fasilitas toilet, fasilitas jalur penuntun dan petunjuk bagi disabilitas khususnya tunanetra, yakni guiding block.

Lalu, Jokowi didampingi Menteri PURR, Menteri Sosial dan Gubernur DKI Jakarta meninjau tempat main kaldron, yakni monumen yang pernah digunakan untuk api Asian Games 2018

"Ini tadi kami ingin melihat fasilitas untuk kaum difabel, terutama yang berkaitan dengan fasilitas yang ada di Senayan, baik untuk toiletnya, musalanya, trotoarnya, fasilitas untuk menuju ke penonton," ujar Jokowi saat meninjau di Gelora Bung Karno (GBK) untuk melihat fasilitas bagi pengunjung berkebutuhan khusus, Selasa (16/10/2018).

Menurutnya, keberadaan fasilitas umum bagi pengunjung berkebutuhan khusus sudah mencapai 80%. Presiden juga memberi sejumlah catatan terkait hal-hal yang masih harus diperbaiki, seperti wastafel yang terlalu tingg dan pintu yang tidak berbentuk sliding.

Dalam waktu dekat, Jokowi berencana mengundang perwakilan rekan-rekan difabel untuk berdiskusi mengenai ketersediaan fasilitas umum yang ramah terhadap masyarakat berkebutuhan khusus. Apalagi, Indonesia sudah menjadi tuan rumah bagi dua kegiatan olahraga internasional pada tahun ini yakni Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018.

Sejumlah fasilitas yang ada untuk mengakomodasi Asian Para Games 2018 di antaranya akses ramp yang bisa dilalui kursi roda dengan lebar dan tingkat kemiringan sesuai pedoman teknis di Kompleks GBK. Juga, terdapat 264 kursi di tribun penonton bagi penyandang disabilitas dan pendamping. Fasilitas lainnya adalah enam toilet khusus disabilitas dilengkapi tanda dan penunjuk arah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan seluruh kabupaten dan kota di Indonesia ramah untuk masyarakat disabilitas. Hal itu disampaikan Jokowi saat meninjau fasilitas bagi disabilitas di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (16/10/2018).

"Kita ingin dorong agar semua provinsi, kota, kabupaten juga ramah terhadap disabilitas. Ini ke depan ingin terus kita dorong, sehingga yang kurang apa nanti secara detail saya diberi masukan oleh Pak Menteri PU, Pak Gubernur juga beri masukan," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, fasilitas di kompleks GBK sudah cukup baik bagi para disabilitas. Hanya saja, ada sejumlah perangkat yang perlu diperbaiki. Misalnya saja, wastafel yang terlalu tinggi dan pintu sesuai. "Sudah 80 persenlah. Wastafel ketinggian, pintunya harusnya sliding bukan dorong," ucap Jokowi. 0 NIZ








Berita Terpopuler
Kamis, 15 November 2018