Jumat, 19 Oktober 2018

Wartawan Joeang Gelar Diskusi Menangkal Hoaks

Ist.
Beritabatavia.com - Hoaks menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah berita bohong disepakati sebagai musuh bersama yang harus diperangi. Selain potensi memecah belah persatuan bangsa, Hoaks tumbuh sumbur dan merasuk ke hampir semua sendi-sendi kehidupan masyarakat. Penyebaran Hoaks bukan hanya melalui media sosial (Medsos), tetapi juga oleh sejumlah media mainstream (media massa).
 
Demikian disampaikan dalam diskusi publik bertajuk Tahun Politik, Media Menangkal Hoaks dan Fitnah yang digelar Forum Wartawan Joeang, di kawasan Menteng, Jumat (19/10). Moderator diskusi Abdulah Kilrey menampilkan pembicara Kapendam Jaya Kolonel Inf Kristomei Sianturi, Plt Kepala Biro Humas Kemkominfo RI Ferdinandus Setu, Ketua JPPR Sunanto,mantan anggota DPR RI  Ruhut Sitompul dan Ketua Forum Wartawan Polri, Naek Pangaribuan.

Ketua JPPR Sunanto dan Ruhut Sitompul menjelaskan arus penyebaran Hoaks semakin kencang menjelang tahun politik seperti Pilpres yang akan digelar pada April 2019 mendatang. Bahkan menurut Naek Pangaribuan, Polda Metro Jaya menerima laporan kasus Hoaks sedikitnya 4 laporan per hari. Sedangkan Ferdinandus Setu mengaku, kemkomimfo sudah bekerja maksimal selama 365 hari per tahun untuk memerangi Hoaks. Kolonel Inf Kristomei Sianturi juga mengungkapkan bahwa Kodam Jaya terus berupaya membantu Polri untuk menangkal penyebaran Hoaks yang kian marak.

Ironisnya, kata Naek Pangaribuan, Hoaks tidak hanya disebarkan lewat media sosial (Medsos). Tetapi ada beberapa media mainstream yang berpihak pada kelompok tertentu dan membuat berita beraroma Hoaks  hingga fitnah. 

Terhadap dugaan keterlibatan media mainstream dalam penyebaran Hoaks, Ruhut Sitompul dan ketua JPPR Sunanto berharap agar pemilik media ikut serta memerangi Hoaks. Sebab media memiliki tanggungjawab dalam upaya membangun persatuan dan kesatuan bangsa.

Sejatinya, Sunanto mengatakan, Hoaks tidak akan bertumbuh apabila masyarakat cermat dan cerdas saat menerima pesan atau berita. Sebaliknya Hoaks akan subur apabila tingkat kecerdsaan masyarakat masih rendah. O son