Minggu, 21 Oktober 2018 09:18:02

Sejak 1979 Kali Bekasi tak Pernah Dapat Perhatian

Sejak 1979 Kali Bekasi tak Pernah Dapat Perhatian

Beritabatavia.com - Berita tentang Sejak 1979 Kali Bekasi tak Pernah Dapat Perhatian

Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi mengatakan akan melibatkan sejumlah kementerian untuk membebaskan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi ...

  Sejak 1979 Kali Bekasi tak Pernah Dapat Perhatian Ist.
Beritabatavia.com - Wali Kota Bekasi, Jawa Barat, Rahmat Effendi mengatakan akan melibatkan sejumlah kementerian untuk membebaskan Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Bekasi dari berbagai jenis kontaminasi limbah industri. Keterlibatan sejumlah kementerian dikarenakan sejak 1979 DAS Kali Bekasi belum pernah mendapatkan perhatian Pemerintah Pusat.

Pengentasan pencemaran Kali Bekasi ini tidak bisa dilakukan secara parsial, harus tertangani dari hulu hingga hilirnya dan ini melibatkan sejumah daerah tetangga, katanya di Bekasi, Sabtu (20/10).

Menurut dia, untuk menggerakan daerah tetangga seperti Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor dalam pengentasan pencemaran sungai memerlukan kewenangan yang kuat. Perlu ada campur tangan kementerian terkait, seperti Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, katanya.

Dikatakan, lebih dulu berkomunikasi dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku pihak yang berwenang atas aliran sungai. Baru-baru ini saya sudah mencoba memghubungi Menteri PUPR dan beliau menyambut baik upaya pengentasan limbah di Kali Bekasi ini dengan meminta Menteri LHK Siti Nurbaya turut dilibatkan dalam persoalan ini, katanya.

Keterlibatan dua menteri tersebut penting dalam kegiatan itu. Apalagi sejak 1979 DAS Kali Bekasi belum pernah mendapatkan perhatian Pemerintah Pusat melalui kegiatan normalisasi sungai. Kali Bekasi ini sudah sejak lama belum pernah dinormalisasi. Untuk itu, penting persoalan ini memperoleh perhatian dari Pemerintah Pusat, katanya.

Diungkapkan, kandungan di aliran Kali Bekasi saat ini sudah tidak aman dikonsumsi masyarakat, mengingat sebagian besar debit sungai tersebut saat ini dimanfaatkan untuk sumber air baku Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Patriot, PDAM Bhagasasi dan PDAM DKI Jakarta.

Perusahaan pengolah air bersih itu saat ini dituntut untuk mengalokasikan dana operasional pengolahan air yang besar. PDAM ini perlu membeli sejumlah zat kimia yang bisa menetralisasi kandungan racun di dalam air, seperti kandungan tembaga atau besi yang tinggi, limbah detergen dan lainnya, katanya.

Diakui mengagendakan pertemuan dengan Menteri LHK dalam waktu dekat untuk membahas serius penanganan Kali Bekasi agar persoalan pencemaran sungai ini tidak berlarut-larut. 0 ERZ



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Senin, 30 Mei 2022