Jumat, 26 Oktober 2018

Piala AFC U19: Nunggu Malaysia vs Tajikistan

Ist.
Beritabatavia.com -
Tujuh negara memastikan tempat di babak 8 besar AFC U19 Championship 2018 atau Piala Asia U-19 2018. Satu slot tersisa kini diperebutkan 2 peserta di Grup D yang hingga kini masih membara. Malaysia dan Tajikistan bakal tampil mati-matian pada laga terakhir Grup D yang akan berlangsung Jumat malam (26/10/2018), pukul 19.00 WIB.

Malaysia akan bertemu Tiongkok di Pakansari, Bogor, dan Tajikistan bersua juara grup Arab Saudi di Stadion Patriot, Bekasi. Malaysia berada di urutan ketiga dengan 1 poin. Harimau Muda wajib memenangkan pertandingan melawan Tiongkok untuk menjaga peluang menuju 8 besar AFC U19 Championship 2018.

Tambahan tiga poin bakal mengantar Timnas U-19 Malaysia menuju fase knock out dengan catatan, pada laga lainnya, Tajikistan kalah dari Arab Saudi. "Saya selalu percaya," kata pelatih Malaysia, Bojan Hodak seperti dilansir situs resmi AFC, Jumat (26/10). "Saya percaya, kami bisa juara. Ini sepak bola, semua bisa terjadi. Bola itu bundar," ujar mantan pelatih Shandong Luneng.

Malaysia memang tidak terlalu menjanjikan di penyisihan Grup D. Setelah kalah 1-3 dari Arab Saudi, Malaysia hanya mampu menahan imbang Tajikistan 2-2 pada laga berikutnya.

Namun asa Timnas Malaysia U-19 masih terjaga mengingat tim terakhir yang dihadapi merupakan penghuni dasar klasemen, Tiongkok. Gairah bermain anak-anak Negeri Tirai Bambu bisa jadi melorot mengingat peluang mereka sudah tertutup ke babak 8 besar sekalipun berhasil memenangkan pertandingan terakhir melawan timnas U-19 Malaysia.

"Kami ingin mengalahkan Tiongkok dan itu juga sulit karena tim Tiongkok berkembang pesat. Saya masih ingat saat melatih di Tiongkok dan saya bisa melihat tim sekarang adalah hasil investasi yang besar terhadap pembinaan usia muda," kata Hodak.

Dengan koleksi 4 poin Tajikistan sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk memastikan tempat ke babak 8 besar. Langkah Tajikistan semakin ringan mengingat Arab Saudi sudah lebih dulu memastikan tiket ke babak 8 besar sehingga pelatih Arab Saudi, Khalid Abdullah Atawi, berpotensi melakukan rotasi terhadap skuat utamanya.

"Kami datang ke kompetisi ini dengan 23 pemain dan semuanya siap bertanding untuk laga manapun," kata Atawi mengisyaratkan perubahan komposisi pasukannya.

Meski demikian, Tajikistan pantas waspada. Sebab Arab Saudi tentu tidak ingin terlempar dari posisi pemuncak klasemen. Selain itu, Tajikistan juga harus kehilangan dua pemain andalannya, Ziyovuddin Fuzaylov dan Khuseyn Nurmatov. Fuzaylov diketahui tidak bisa tampil akibat cedera serius melawan Malaysia dan Nurmatov absen karena sanksi.

"Masalah bagi kami adalah kehilangan dua pemain, tapi kami percaya. Saya percaya kepada para pemain, dan kami sudah mempersiapkan diri untuk laga berikutnya," kata pelatih Tajikistan, Mubin Ergashev.

7 Tim yang Lolos 8 Besar: A: Qatar dan Indonesia, B: Jepang dan Thailand, C: Korea Selatan dan Australia. D: Arab Saudi dan ?
0 BAIM
Berita Terpopuler
Jumat, 16 November 2018