Sabtu, 27 Oktober 2018

Warga Jaksel Diingatkan Musim Hujan Tiba

Ist.
Beritabatavia.com - Jakarta Selatan (Jaksel) merupakan wilayah paling rawan diterjang banjir dan genangan air yang sampai ini belum ada solusi tepat untuk mengatasinya. Warga yang selalu menjadi korbannya. Karena itu  Warga Jaksel diingatkan harus ekstra waspada saat musim hujan tiba.

“Sesuai dengan data, hujan yang kemarin terjadi di lima wilayah, titik genangan kejadian berulang ada pada 30 titik. Paling banyak di wilayah selatan,” kata Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Teguh Hendarwan di Jakarta.

Menurut Teguh, genangan disebabkan gangguan di tali-tali atau saluran air. Ia menyebut banyak saluran air yang penuh sedimen lumpur dan sampah. Upaya yang dilakukan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yakni pembersihan saluran air secara rutin. “Paling sedikit , 40 orang pasukan biru setiap hari membersihkan itu,” kata Teguh.

Sebelumnya, Wakil Walikota Jakarta Selatan, Arifin mengatakan, setidaknya ada 13 lokasi di wilayah kerjanya yang terancam tergenang ketika musim hujan tiba. Pemkot Jakarta Selatan tengah menginventarisasi dan mengevaluasi peta genangan. “Di Jalan Jenderal Sudirman itu depan Universitas Atma Jaya, kalau di Jalan Gatot Subroto di depan Balai Kartini,” ujar Arifin.

Selain itu, Jalan Kemang Raya dan Jalan Sultan Iskandar Muda depan Gandaria City, tepatnya di underpass juga rawan genangan ketika hujan. Begitu pula di persimpangan Pancoran. “Pancoran kan sedang ada proyek LRT, itu imbasnya bisa genangan dan perlu diperhatikan,” ujar Arifin.

Sementara itu, permukiman rawan banjir ada di Rawajati, Jatipadang, Pejaten Timur, dan Petogogan. Permukiman itu rawan banjir karena sungainya kerap meluap. 0 DAY