Senin, 29 Oktober 2018

Redakan Depresi Lebih Ampuh Mandi Air Hangat

Ist.
Beritabatavia.com -
Mandi air hangat ternyata sangat berguna. Terutama jika Anda sedang dalam keadaan depresi ataupun merasa sedih. Melansir Indiatimes pada Senin (29/10), sebuah penelitian mengemukakan bahwa mandi air hangat ternyata lebih efektif ketimbang berolahraga untuk mengurangi depresi. Paling tidak, jika dilakukan dua kali dalam seminggu.

Peneliti dari University of Freiburg, Jerman mengklaim, dua kali mandi air hangat selama seminggu secara signifikan mengurangi gejala depresi Anda. Studi ini menganalisis sekelompok orang dengan depresi yang mandi dengan air bersuhu 40 derajat selama 30 menit. Kemudian, mereka membungkus diri dengan selimut dan minum sebotol air hangat selama 20 menit selanjutnya.

Sementara itu, satu kelompok lain mendapatkan sesi latihan aerobik ringan hingga 45 menit. Beberapa latihan tersebut antara lain seperti berlari, menari, dan renang selama dua kali seminggu.

Dua kelompok tersebut menunjukkan berkurangnya tanda-tanda depresi. Namun, kelompok yang mandi air hangat menunjukkan gejala yang lebih rendah dibandingkan mereka yang melakikan olahraga selama delapan minggu.

Mandi air panas sendiri membantu menstabilkan dan memperkuat ritme sirkadian alami tubuh. Ketidakseimbangan ritme ini akan menghambat keadaan mental Anda.

Orang dengan depresi juga berjuang dengan hal tersebut. Suhu inti mereka akan tetap sama sepanjang malam. Idealnya, suhu tubuh naik di siang hari dan turun di malam hari. Hal tersebut membantu menciptakan dan melepaskan melatonin di malam hari. 0 NIZ


Berita Terpopuler