Rabu, 31 Oktober 2018

Arief : Pemeriksaan Lion Air, KNKT Harus Jujur

Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Jokowi diminta agar tidak intervensi hasil pemeriksaan yang dilakukan Komite Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT). Termasuk upaya Polri untuk melakukan investigasi sistim maintenance dan crew training di Lion Air.

Itu disampaikan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono, terkait dugaan terjadinya kecelakaan pesawat Lion Air akibat maintenance yang buruk dan training tidak sesuai CASR.

“Kalau benar kecelakaan itu akibat maintenance dan crew traning yang buruk. Maka pemilik Lion Air dan manajemen dapat dikatagorikan melakukan tindak pidana criminal yang mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain,” kata Arief Poyuono, Rabu (31/10). Arief mendesak Polri supaya melakukan investigasi sistim maintenance dan crew training Lion Air.

Dia mencontohkan, pilot Garuda yang di adili akibat melakukan pendapatan darurat di Jogyakarta . pilot pesawat Garuda Indonesia, M Marwoto Komar, akhirnya divonis dua tahun penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Sleman, Yogyakarta.

Majelis hakim yang dipimpin Sri Andini menilai, Marwoto bersalah melakukan tindak
pidana karena kealpaannya menyebabkan pesawat tidak dapat dipakai, atau rusak, yang mengakibatkan matinya orang dan menimbulkan bahaya bagi orang lain sesuai dengan Pasal 479 G (b) dan 479 G (a) KUHP.

Arief berharap, KNKT juga harus jujur dan jangan masuk angin ketika mengumumkan hasil penyelidikan terkait Crash nya pesawat Lion Air yang kecelakaan di laut Karawang, Senin 29 Oktober 2018 lalu. 

“Saya harap Presiden Joko Widodo tidak mengintervensi hasil pemeriksaan KNKT juga penyelidikan Polri terkait kecelakaan pesawat Lion air nantinya,” ujar Arief.

Jangan karena Joko Widodo dekat dengan Rusdi Kirana pemilik Lion Air nanti di berikan perlindungan kepada Lion Air.

Presiden Joko Widodo tidak boleh lagi percaya jika Lion Air ditutup akan merugikan
ekonomi nasional karena akan terjadi PHK nantinya dan berkurang frekwensi penerbangan sipil di Indonesia

Sebab Lion Air sudah seringkali  mengalami kecelakaan dalam operasi penerbangan sekaligus membuat citra pemerintah Indonesia sangat buruk di mata Internasional.O son