Rabu, 07 November 2018

M Saifuddin Ingin Bermanfaat Untuk Semua

Ist.
Beritabatavia.com - Sedang berada dimana, tujuannya kemana, lalu bagaimana caranya, menjadi langkah awal sebelum melakukan sesuatu. Itulah yang menjadi landasan dasar M Saifuddin Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai tipe Madya A Bogor, Jawa Barat.

Pria kelahiran Mojokerto 30 Januari 1968 itu merupakan lulusan program diploma Bea Cukai angkatan ke 3. Seperti meniti anak tangga, perlahan tapi pasti, karir Saifuddin terus bergulir. Setelah lulus pada 1990 langsung bertugas di Bandara internasional Soekarno-Hatta. Beberapa waktu bertugas dan menggeluti  bidang intelijen Bea Cukai. Selain di Direktorat Bea Cukai, M Saifuddin juga sempat bertugas di Komite Pengawas Perpajakan Kementerian Keuangan. Hingga pada Oktober 2017 M Saifuddin resmi menjadi orang nomor satu di kantor Bea Cukai Bogor.

M Saifuddin bukan hanya sukses dalam karir sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Direktorat Bea Cukai Kementerian Keuangan RI. Pria murah senyum ini juga sukses menggondol gelar master Administrasi dan kebijakan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dari Universitas Indonesia (UI) pada 2007.

Kehandalannya tentang pengembangan SDM membentuknya sebagai sosok yang selalu berharap agar kehadirannya memberikan manfaat sebesar-sebesarnya bagi semua orang. “ Saya sangat berharap dapat memberikan yang terbaik dan bermanfaat untuk semua orang,” kata M Saifuddin di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Harapan itupun diupayakan M Saifuddin di kantor Bea Cukai Bogor. Tentu, sebagai fasilitator tumbuh dan berkembangnya industry, Bea Cukai Bogor harus memiliki ASN yang dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi banyak orang. Untuk mewujudkannya, tidak cukup hanya mengajak dan meminta serta berharap pada seluruh ASN Bea Cukai. Tetapi M Saifuddin harus, menunjukkan dan melaksanakan contoh yang baik dan benar.

Semangat dan keyakinan disertai kerja keras akhirnya membuahkan hasil yang baik. M Saifuddin  sebagai kepala kantor sudah memiliki derap langkah yang sama dengan seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi atau Tufoksi sesuai yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan yaitu mengamankan kebijaksanaan pemerintah yang berkaitan dengan lalu lintas barang yang masuk atau keluar Daerah Pabean dan pemungutan Bea masuk dan Cukai serta pungutan negara lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kantor Bea Cukai Bogor juga telah menjalankan fungsi trade fasilitator atau memberi fasilitas perdagangan, dan industrial assistance yaitu melindungi industry dalam negeri dari persaingan tidak sehat dengan industry sejenis dari luar negeri. Kemudian sebagai community protector dalam rangka melindungi masyarakat dari masuknya barang-barang haram berbahaya. Serta revenue collector atau memungut bea masuk dan bea keluar secara maksimal.

Kepiawaian M Saifuddin membangun satu rasa dan sikap kebersamaan menjadi manfaat untuk semua orang juga menjadi motivasi agar tetap semangat meningkatkan kualitas kerja. Hasilnya, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Bogor, Jawa Barat mencatatkan target penerimaan priode 2017 mencapai 101,6 persen. Bahkan priode 2018 yang masih berjalan, dipastikan akan memenuhi target yang ditetapkan. Bukan hanya itu, survey kepuasan layanan frontliner priode 20-24 Agustus 2018 kantor Bea Cukai Bogor mendapat posisi sangat memuaskan. Disertai sertifikasi ISO Pelayanan 9.001:2015.

Capaian kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Tipe Madya Pabean A Bogor, Jawa Barat tak membuat M Saifuddin lalu berhenti apalagi berbangga. M Saifuddin mengaku apa yang dicapai itu merupakan hasil kinerja seluruh ASN Bea Cukai Bogor. Beragam kreatifitas dan inovasi yang sedang dalam proses penjejakan dengan instansi terkait. Anak desa dari Mojokerto ini berkeinginan setiap pemerintahan daerah memiliki system logistik industry untuk mendukung industry di wilayah masing-masing.

Diakhir perbincangan, M Saifuddin yang datang dari kalangan masyarakat biasa menyampaikan harapan agar  negeri Indonesia yang sangat dicintainya dikelola dengan kejujuran. O Edison Siahaan


Berita Terpopuler