Kamis, 08 November 2018

Lifter Eko Yuli Bertemu Presiden Jokowi

Ist.
Beritabatavia.com - Presiden Joko Widodo mengundang atlet angkat besi Eko Yuli Irawan di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Lifter Indonesia itu baru saja meraih medali emas dan memecahkan rekor dunia pada kejuaraan dunia angkat besi di Turkmenistan, Sabtu, 3 November 2018.

Eko tiba di Kompleks Istana Kepresidenan sekitar pukul 09.00 WIB, Kamis, 8 November 2018. Sekitar 30 menit kemudian, dia bertemu Jokowi di Istana Merdeka. Eko didampingi Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi. Ketiganya terlihat berdiskusi santai.

Di Turkmenistan, atlet berusia 29 tahun itu berjuang di kelas 61 kilogram putra. Ia membuat total angkatan 317 kg, dari sebelumnya dengan entry 313 kg dengan rincian 143 kg angkatan snatch dan 174 kg angkatan clean & jerk. Torehan itu membuatnya berhak meraih medali emas yang baru pertama kali dicicipinya di kancah kejuaraan dunia.

Eko sering sumbang medali selain emas di kejuaraan dunia, termasuk 2 perunggu dan 1 perak Olympics. Rekor yang dipecahkan Eko ialah angkatan clean & jerk dengan 174 kg. Juga hampir memecahkan rekor untuk angkatan snatch, namun belum berhasil. Di Asian Games 2018, Eko sumbang medali emas. Total satu medali emas, satu perak, dan satu perunggu menjadi sumbangan terbaik tim Indonesia dari cabang olahraga angkat besi saat itu.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan rasa bangga kepada atlet angkat besi Eko Yuli Irawan yang berhasil menyandang status juara dunia. "Saya kira rakyat dan pemerintah kita sangat bangga atas prestasi yang diberikan oleh Pak Eko di kejuaraan yang kemarin baru saja diikuti," kata Jokowi saat menerima Eko di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/11/2018).

Presiden Jokowi berharap prestasi-prestasi seperti ini terus berkesinambungan bukan hanya di angkat besi dan berat saja, tapi juga di cabang olahraga lain. "Ini melanjutkan prestasi yang sudah diraih di Asian Games," kata Jokowi.

Jokowi memastikan pemerintah akan terus memberikan dukungan kepada para atlet. Kemenpora akan terus mengikutkan atlet Indonesia dalam kompetisi dan kejuaraan apapun. Saat ditanya bonus untuk Eko, Jokowi belum bisa bicara banyak. "Saya baru ketemu ini tadi," kata Jokowi. 0 RIO









Berita Terpopuler
Jumat, 16 November 2018