Minggu, 11 November 2018

YLKI: Jangan Tergiur Pesta Diskon 11.11

Ist.
Beritabatavia.com -  Pesta Diskon 11.11 di online shop disambut suka duka. Sukanya barang itu sale lebih murah. Dukanya banyak keluhan barang tak sesuai dengan pesanan bahkan pengirimannya pun terlambat alias molor.

"Walaupun banyak diskon, konsumen atau pembeli jangan terlalu tergiur membeli di online shop," lontar Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sularsih dalam keterangannya, Ahad (11/11).

Meski banyak barang-barang ditawarkan murah meriah dalam gelaran diskon utamanya dalam pesta belanja online 11.11 yang tengah berlangsung, konsumen harus tetap bijaksana dan hati-hati dalam berbelanja, sarannya.

Juga mengimbau agar masyarakat bisa dengan hati-hati, jeli dan teliti membeli barang yang diinginkannya. Jangan hanya karena iming-iming harga murah tapi hasilnya malah mengecewakan. "Diskon-diskon yang seperti itu pastikan, ketika membeli mesti waspada dengan kualitas barangnya. Kita harus melihat spesifikasinya benar-benar," jelas Sularsih.

Pasalnya, dalam situs penjualan baik e-commerce maupun marketplace konsumen tidak bisa melihat langsung barang yang diinginkan. Etalase hanya berupa foto dan penjelasan mengenai barang tersebut. Sularsi juga mengatakan, penting bagi konsumen memastikan tempat pembelian barangnya.

"Penjualan ada yang (melalui) marketplace dan e-commerce. Kalau yang marketplace ini mereka hanya menyediakan etalase, itu yang harus lebih berhati-hati karena ada merchant (pedagang) yang kadang memberikan informasi yang kurang baik," papar dia.

Berkaca pada gelaran Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) tahun 2017 yang jatuh pada bulan Desember, YLKI menerima 33 aduan soal pesta belanja ini. Dari 33 aduan tersebut, paling banyak adalah barang tidak sampai kepada konsumen, yakni 17 keluhan. "Permasalahan terbanyak adalah barang tidak dikirim," ujar Sularsih.

Dari data YLKI, selain 17 keluhan soal barang tidak dikirim, ada pula 6 keluhan tentang sistem yang merugikan, 5 keluhan karena refund alias pengembalian uang tidak diproses, 4 keluhan karena barang tidak sesuai, dan 1 keluhan karena dugaan akun diretas. 0 KMP