Senin, 12 November 2018 12:12:20

Facebook Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok

Facebook Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok

Beritabatavia.com - Berita tentang Facebook Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok

Sesuai kabar sebelumnya, Facebook akhirnya resmi merilis aplikasi yang disebut akan menjadi pesaing Tik Tok. Kendati demikian, kehadiran aplikasi ...

 Facebook Rilis Aplikasi Pesaing Tik Tok Ist.
Beritabatavia.com - Sesuai kabar sebelumnya, Facebook akhirnya resmi merilis aplikasi yang disebut akan menjadi pesaing Tik Tok. Kendati demikian, kehadiran aplikasi bernama Lasso ini terbilang diam-diam, karena tidak dengan pengumuman resmi.

Dikutip dari The Verge, Senin (12/11), kehadiran Lasso hanya diumumkan melalui akun Twitter Product Manager Facebook Andy Huang. Kehadiran Lasso juga dikonfirmasi langsung Product Manager Lasso Bowen Pan, yang lagi-lagi diumumkan akun Twitternya.

Hari ini, tim saya baru saja meluncurkan Lasso, aplikasi video baru yang memungkinkanmu membuat video pendek menyenangkan dan membagikannya ke teman-teman, tulisnya melalui akun @bowenpan. Untuk informasi, aplikasi ini sudah tersedia di iOS dan Android.

Namun, berdasarkan laporan Tech Crunch, Lasso baru tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat. Belum diketahui kapan Facebook akan merilis Lasso untuk pengguna global. Secara garis besar, aplikasi memungkinkan penggunanya untuk mengambil video pendek dalam durasi 15 detik. Video lantas dapat ditambahkan dengan sejumlah lagu-lagu populer.

Akan tetapi, Laso tidak menawarkan filter-filter seperti yang ada di aplikasi Tik Tok. Pengguna hanya dapat memanfaatkan fitur slow-mo dan fast-forward untuk memperkaya tampilan video. Meski hadir sebagai aplikasi mandiri, pengguna dapat masuk menggunakan akun Facebook atau Instagram. Bahkan, ada opsi yang nantinya memungkikan video Lasso diunggah pula di Facebook Stories atau Instagram Stories.

Sekadar informasi, kehadiran Lasso sendiri sudah terdengar sejak Oktober 2018. Menurut laporan, aplikasi ini menjadi cara Facebook untuk menjaring pengguna remaja. Raksasa media sosial itu memang sudah sejak lama tertarik dengan aplikasi semacam Tik Tok atau Musical.ly.

Facebook menunjukkan keseriusannya dengan membentuk tim riset, untuk mengetahui lebih dalam soal Musical.ly yang begitu populer di kalangan remaja. Meski demikian, kerja tim riset tersebut tidak berlangsung lama. Alasannya, animo pengguna Musical.ly tidak seperti yang dibayangkan sebelumnya.

Keputusan Facebook merilis pesaing Tik Tok tidak lepas dari jumlah unduha aplikasi itu saat ini. Berdasarkan laporan terbaru, Tik Tok menjadi aplikasi paling banyak diunduh di App Store, melampui Facebook.  Tak hanya Facebook, menurut data dari perusahaan riset Sensor Tower, jumlah unduhan Tik Tok juga melampaui aplikasi lain seperti Instagram, YouTube, dan Snapchat pada September lalu.

Mengutip Tech Crunch, unduhan harian Tik Tok berhasil melewati unduhan keempat aplikasi tersebut pada 29 September dengan total 29,7 persen. Sejak itu, pangsa pasar aplikasi Tik Tok meningkat. Pada 30 Oktober, unduhan aplikasi Tik Tok pun kembali melewati unduhan Facebook dkk.

Pada bulan September, jumlah instal Tik Tok meningkat 31 persen dari bulan sebelumnya. Total, jumlah instal Tik Tiok mencapai 3,81 juta kali di iOS maupun Android. Angka ini mengalahkan jumlah unduh dan instal Facebook yang berada di nomor dua dengan jumlah 3,53 kali instal. Jumlah instal Tik Tok di AS meningkat tajam 237 persen dari yang sebelumnya sebanyak 1,13 kali instal pada Oktober 2017.

Banyaknya pengguna baru yang bergabung dengan Tik Tok membuat aplikasi ini berada di tangga keempat aplikasi paling banyak diunduh di App Store. Facebook harus puas di nomor tujuh, Messenger di nomor lima, YouTube di ururan pertama, Instagram di nomor kedua, dan Snapchat di posisi ketiga.

Namun menurut data App Anie, Tik Tok ada di urutan ketiga dari segi aplikasi gratis paling banyak diunduh. Bicara tentang rerata partisipasi pengguna, Tik Tok masih di belakang keempat aplikasi tersebut. Laporan penelitian dari Apptopia menyebut, Tik Tok punya 29 persen tingkat partisipasi pengguna, Facebook 96 persen, Instagram 95 persen, Snapchat 95 persen, dan YouTube 95 persen. Tik Tok dikabarkan memiliki 500 juta pengguna aktif di 150 negara di dunia. 0 NIZ
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 08 Mei 2020