Selasa, 04 Desember 2018

Dua Titik Rawan Longsor di Jaktim

Ist.
Beritabatavia.com - Ada dua titik rawan longsor di Jakarta Timur (Jaktim). Kedua titik itu, di kelurahan Balekambang, Kramatjati, dan Perumahan Pesona, Pasar Rebo. Kedua wilayah itu, tak seharusnya diperuntukkan bagi hunian atau permukiman warga apalagi zona tersebut merupakan zona hijau. Namun karena sudah terlanjur digunakan oleh masyarakat, pihaknya hanya melakukan pencegahan.

"Kalau kramatjati itu yang di Balekambang, itu lerengnya kali Ciliwung. Jadi sebenarnya zona-zona itu dilarang untuk ada hunian, tapi kenyataannya karena kebutuhan akan tempat tinggal jadi dihuni disitu, itu daerah rawan longsor," kata  Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur Mustajab  Selasa (4/12/2018).

Sedangkan untuk perumahan Pesona Pasar Rebo, Mustajab mengatakan wilayah tersebut memang berbentuk lembah sehingga rawan terjadinya longsor. "Pasar Rebo itu di Pesona itu memang daerah lembah, yang seharusnya pengamanannya lebih ekstra dalam arti strukturnya pun harus tahan longsor," ucapnya.

Seperti di Pesona itu kita bikinkan turap, kerja sama dengan bina marga. Kalau hunian yang sudah ada di titik yang rawan itu mungkin harus dikaji lagi oleh Dinas ATR (Agraria dan Tata Ruang). Karena memang seharusnya daerah tersebut bukan untuk hunian, jelasnya.

Sebelumnya, satu hunian di RT 007 RW 005, Jalan Pesona IX, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur mengalami longsor. Kawasan tersebut memang termasuk dalam zona hijau dan disebut tak mengantongi ijin mendirikan bangunan (IMB). 0 KMP