Sabtu, 09 Oktober 2010 03:45:15

Pendidikan Tidak Sinkron Dengan Dunia Kerja

Pendidikan Tidak Sinkron Dengan Dunia Kerja

Beritabatavia.com - Berita tentang Pendidikan Tidak Sinkron Dengan Dunia Kerja

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menilai, sistem pendidikan yang diterapkan selama ini, baik pendidikan umum ...

Pendidikan Tidak Sinkron Dengan Dunia Kerja Ist.
Beritabatavia.com - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menilai, sistem pendidikan yang diterapkan selama ini, baik pendidikan umum maupun di pesantren tidak singkron dengan dunia kerja.
Ini merupakan persoalan umum yang terjadi hampir di seluruh pelosok Tanah Air, kata Muhaimin Iskandar, di saat kunjungan kerja di Pendopo Agung Pemkab Bangkalan, Madura, Jatim, Sabtu.
Kata Muhaimin, sistem pendidikan yang diterapkan dalam suatu lembaga pendidikan tidak sesuai dengan dunia kerja. Sehingga tidak mampu mencetak tenaga kerja yang dibutuhkan di lapangan.
Begitu juga dengan sistem pendidikan di pesantren. Dimana saya pernah pergi ke suatu pondok pesantren besar, dari 10 ribu santrinya, hanya sekitar seribu yang menjadi kiai. Terus sisanya menjadi apa, ucapnya.
Seharusnya, kata dia, di pesantren ataupun di berbagai lembaga pendidikan umum yang ada di Indonesia ini juga dibekali dengan pelajaran tambahan berbagai jenis keterampilan. Sehingga jika sudah lulus sekolah, para siswanya memiliki keterampilan.
Disamping problem pendidikan yang tidak sinkron dengan dunia kerja, sambung Muhaimin, permasalahan lain yang sedang dihadapi yakni banyaknya sektor ekonomi terbuka yang diisi oleh orang asing.
Ini kan aneh, disaat kita sedang membutuhkan lapangan pekerjaan. Namun, peluang kerja yang ada malah diisi oleh orang asing, ucapnya.
Menurut Muhaimin, untuk mengatasi permasalah tersebut, para generasi penerus harus bersekolah dengan baik. Sedangkan pihak sekolah harus mensinkronkan kurikulum pendidikan dengan dunia kerja. Serta menambah ektrakuliker untuk siswa.
Pemerintah juga perlu melakukan pendekatan pembinaan terhadap masyarakat, salah satunya adalah pelatihan yang berbasis masyarakat. Sehingga mereka siap dalam menghadapi pertumbuhan ekonomi ke depan, kata Menakertrans Muhaimin Iskandar menjelaskan.
Menurut Menakertrans, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi salah satu tumpuan Kemenakertrans dalam mengatasi tingginya pengangguran seperti yang dimuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025.
Kewirausahaan menjadi prioritas karena angkatan kerja saat ini banyak yang tidak terserap sehingga menimbulkan pengangguran hingga 7,41 persen dari 116 juta orang total angkatan kerja atau sekitar 8,59 juta orang, terang Menaketrans.
Penyebabnya, kata dia, ada dua hal. Yakni, kesempatan kerja yang tercipta akibat pertumbuhan ekonomi tidak cukup untuk menyerap angkatan kerja yang ada. Sedangkan yang kedua, kurang berfungsinya pasar kerja dengan baik.
Kepada para praktisi pendidikan dan pengasuh pondok pesantren di Kabupaten Bangkalan, Menakertrans Muhaimin Iskandar meminta, agar mereka sebaiknya menambahkan jam pelajaran untuk pendidikan keterampilan sebagai upaya meningkatkan kemampuan mereka, pascalulus sekolah.O ant/brn

Berita Lainnya
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023