TATA CARA MEMPEROLEH IMB
1. Untuk ..." /> TATA CARA MEMPEROLEH IMB - Beritabatavia.com TATA CARA MEMPEROLEH IMB
1. Untuk ..." />
Sabtu, 01 Mei 2010

TATA CARA MEMPEROLEH IMB

Ist.
Beritabatavia.com - TATA CARA MEMPEROLEH IMB
1. Untuk bangunan Rumah Tinggal setelah pemohon mengajukan permohonan IMB ke seksi Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan kecamatan dengan melengkapi berkas PIMB sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, maka se la njutnya menyerahkan berkas PIMB tersebut untuk diperiksa oleh petugas penilai.
2. Untukbangunan bukan rumahtinggal sampai dengan 4 lapis, pemohon dapat mengajukan permohonan melalui seksi Pengawasan Rencana Bangunan (PRB) di Sudin P2B setempat. Khusus untuk bangunan tinggi bukan Rumah Tinggalebih dari 4 lapis, pengajuan permohonan melalui Subdin Pengawasan Rencana Bangunan (PRB) di Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan Provinsi DKI Jakarta.Apabila hasil pemeriksaan dan penelitian telah memenuhi syarat secara teknis dan administrasi maka selanjutnya dilakukan perhitungan retribusi, Setelah retribusi ditetapkan, pemohon akan mendapat SKRD (Surat Ketetapan Retribusi Daerah) untuk selanjutnya membayar retribusi ke Kas Daerah kecamatan terdekat serta menerima bukti setor untuk diserahkan kembali ke petugas tata usaha Seksi PPB kecamatan.
3. Dalam waktu maksimal 3 (tiga) hari kerja pemohon dapat mengambil lP (lzin pendahuluan) untuk bangunan rumah tinggal bukan realestate dan bukan didaerah pemugaran, dengan luas tanah sampai dengan 200 M, serta akan diberikan informasi tentang papan proyek untuk dapat melaksanakan kegiatan membangun.
4. Dalam waktu maksimal 8 (delapan) hari kerja pemohon dapat mengambil IP (lzin Pendahuluan) untuk luas tanah diatas 200 M, untuk bangunan rumah tinggal bukan real estate dan bukan di daerah pemugaran.Selanjutnya penyelesaian IMB untuk rumah tinggal dalam waktu selambat-lambatnya 25 hari kerja, untuk bangun / bangunan yang memerlukan penilaian teknis, dari segi arsitektur dan konstruksi selamballambatnya 35 hari kerja. Untuk bangunan bukan rumah tinggaldengan kriteria ketinggian dan penggunaan tertentu selambauambatnya 60 hari kerja.
5. Waktu penyelesaian permohonan IMB tidak berlaku, apabila hasil penelitian teknis dari permohonan IMB masih memerlukan perbaikan dan atau penyempurnaan, setelah adanya pemberitahuan secara tertulis dari Dinas/Suku Dinas.
Selain itu penyelesaian permohonan IMB dapat ditangguhkan apabila :
* Perbaikan maupun penyempurnaan hasil penilaian teknis belum dipenuhi oleh Pemohon ;
* Terdapat sengketa tanah dan atau bangunan / bangun-bangunan atau gangguan terhadap lingkungan;
* Pemohon memberikan data yang tidak benar.
* Adanya Keputusan status quo dari instansi yang berwenang; Penangguhan Permohonan IMB ini diberitahukan secara tertulis kepada Pemohon oleh Dinas / Suku Dinas. Permohonan IMB yang ditangguhkan, dapat ditolak apabila setelah lewat jangka waktu 12 bulan sejak tanggal penangguhan, pemohon tidak menyelesaikan dan atau melengkapinya perbaikan yang diperlukan. (sumber Pemprov DKI)



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 06 November 2018
Senin, 05 November 2018
Kamis, 01 November 2018
Selasa, 30 Oktober 2018
Sabtu, 27 Oktober 2018
Minggu, 21 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018
Selasa, 16 Oktober 2018
Minggu, 14 Oktober 2018
Jumat, 12 Oktober 2018
Kamis, 11 Oktober 2018
Senin, 08 Oktober 2018