PERSYARATAN PENGURUSAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) UNTUK RUMAH TINGGAL.

1. Fotocopi Kartu Tanda ..." /> PERSYARATAN IMB - Beritabatavia.com PERSYARATAN PENGURUSAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) UNTUK RUMAH TINGGAL.

1. Fotocopi Kartu Tanda ..." />
Sabtu, 01 Mei 2010

PERSYARATAN IMB

Ist.
Beritabatavia.com - PERSYARATAN PENGURUSAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN (IMB) UNTUK RUMAH TINGGAL.

1. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk(1 lbr).
2. footocopi surat - surat tanah (1set), dan dilegalisir sesuai aslinya dapat berupa salah satu dari surat sebagai berikut :
o Sertifikat tanah:
o Surat Keputusan Pemberian Hak Penggunaan Atas Tanah oleh pejabat yang berwenang dari instansi Pemerintah yang menguasai tanah tersebut;
o Surat kavling dari Pemerintah Daerarh c.q. Walikotamadya atau instansri lain yang ditunjuk Gubemur;
o Fatwa tanah atau rekomendasi dari Kanwil BPN Provinsi DKI Jakarta atau Kantor Pertanahan setempat;
o Surat Keputusan Walikotamadya untuk penampungan sementara; o Rekomendasi dari Kantor Pertanahan dengan peta bukti pembebasan tanah;
o Surat Pernyataan dari instansi pemerintah atau pemimpin proyek Tim Pembebasan Tanah, khusus untuk Bangunan Pemerintah;
o Hasil Sidang Panitia A yang dikeluarkan Kantor Pertananan disertai Surat Pernyataan pemilik bahwa tanahdi kuasai dan tidak sengketayangdi ketahui oleh Lurah setempat;
o Surat girik, disertai surat pernyataan Pemilik bahwa tanah dikuasai dan tidak sengketa yang diketahui oleh Lurah setempat;
o Surat Kohir Verponding Indonesia, disertai pernyataan bahwa Pemilik sudah menempati, menguasai tanah Verponding tercebut selama 10 (sepuluh) tahun atau lebih, baik sebagian atau seluruhnya dan tidak sengketa yang diketahui oleh Lurah setempat.
3. Untuk suratanah dimaksud pada huruf 2a sampai dengan huruf g diatas harus dilampirkan surat pernyataan bahwa tanah yang dikuasai dan atau dimiliki tidak dalam sengketa dari pemohon.Surat lzin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) dari Gubemur, bagi yang disyaratkan.
4. Keterangan dan Peta Rencana Kota dari Dinas / Suku Dinas Tata Kota sebanyak minimal 7 lembar.
5. Peta Kutipan Rencana Kota dari Dinas/ Suku Dinas untuk Bangunan Rumah tinggal pada lokasi yang telah dikeluarkan IMB sebagai pengganti keterangan dan Peta Rencana Kota sebanyak minimal 7 set.
6. Gambar Rancangan Arsitektur Bangunan minimal 7 set
7. Fotocopy surat izin bekerja sebagai penanggung jawab rancangan arsitektur, kecuali untuk bangunan Wisma Kecil dan Wisma Sedang di daerah bukan Real Estate dan bukan daerah pemugaran (1 lbr).
8. Gambar rancangan arsitektur bangunan harus dilengkapi hasil penilaian / penelitian dari Tim Penasehat Arsitektur Kota (TPAK), untuk bangunan rumah tinggal didaerah pemugaran golongan A dan B.
9. Perhitungan dan gambar struktur bangunan untuk bangunan Rumah tinggal dengan bentangan strukturyang dominan lebih besar dari 6 (enam) meter serta fotocopy Surat lzin Bekerja Perencana Struktur (1 lbr).
10. Data hasil penyelidikan tanah bagi yang disyaratkan (3 set). (Sumber Pemprov DKI)



PERSYARATAN IMB UNTUK BANGUNAN BUKAN
RUMAH TINGGAL
1. Fotocopi Kartu Tanda Penduduk(1 lembar);
2. Fotocopi surat tanah (1 set), dan dilegalisir sesuai aslinya dapat berupa salah satu dari surat sebagai berikut :
* Sertifikat tanah;
* Surat Keputusan Pemberian Hak Penggunaan Atas Tanah oleh Pejabat yang berwenang dari Instansi Pemerintah yang menguasai tanah tersebut;
* Fatwa tanah atau rekomendasi dari Kanwil BPN provinsi DKI Jakarta atau Kantor Pertanahan setempat;
* Surat Keputusan Walikotamadya untuk penampungan sementiara;
* Surat persetujuan / penunjukan Gubernur untuk bangunan bersifat sementara, bangunan diatas prasarana, bangunan diatas air atau bangunan khusus;
* Rekomendasi dari Kantor Pertanahan dengan peta bukti pembebasan tanah;
* Surat Pernyataan dari Instansi Pemerintah atau pemimpin proyek / Tim Pembebasan Tanah, khusus untuk Bangunan Pemerintah.
3.Untuk surat tanah dari huruf 2a sampai dengan huruf g diatas harus dilampirkan surat pernyataan bahwa tanah yang dikuasai dan atau dimiliki tidak dalam sengketa dari pemohon.
4.Surat lzin Penunjukan Penggunaan Tanah (SIPPT) dari Gubemur, bagiyang di syaratkan.
5.Keterangan dan Peta Rencana Kota dari Dinas / Suku Dinas Tata Kota sebanyak minimal 7 lembar.
6.Peta Kutipan Rencana Kota dari Dinas/ Suku Dinas untuk bangunan yang memiliki IMB dan digunakan untuk kegiatan perbaikan/perubahan dan atau penambahan sebagai pengganti Keterangan dan Peta Rencana Kota sebanyak minimal 7 set.
7.Gambar Rancangan Arsitektur Bangunan minimal 7 set; dan fotocopi surat izin bekerja Perancang Arsitektur (1 lbr)
8.Gambar rancangan arsitektur bangunan harus dilengkapi hasil penilaian / penelitian dari Tim Penasehat Arsitektur Kota (TPAK), bagi yang disyaratkan;
9.Perhitungan, gambar struktur bangunan dan laporan hasil penyelidikan tanah minimal 3 set serta foto copy surat izin bekerja perencana struktur, bagiyang disyaratkan (1 lbr)
10.Perhitungan, gambar instalasi dan perlengkapannya minimal 3 set serta fotocopy surat izin bekerja perencana Instalasi dan perlengkapannya, bagi yang disyaratkan (1 lbr )
11.Untuk bangunan tempat lbadah ,selain memenuhi kelengkapan persyaratan di atas dan harus dilengkapijuga dengan surat persetujuan Gubernur Untuk bangunan/bangun-bangunan besar dan khusus diperlukan penilaian khusus dari segi arsitektur, selain memenuhi kelengkapan persyaratan yang telah ditentukan, harus juga dilengkapi dengan :
* Perhitungan dan gambar konstruksi yang dibuat oleh perencana konstruksi yang ditunjuk owner (seku rangkurangnya 3 set) serta Fotocopy Surat lzin Bekerja Perencana (SIBP) konstruksi (1 lembar) yang telah dilegalisir dari perencana tersebut.
* Laporan hasil penyelidikan tanah (minimal lset asli) pada lokasi bangunan/bangunbangunan yang dimohon. Permohonan IMB untuk bangun bangunan yang memerlukan perhitungan instalasi dan perlengkapan bangunan, selain memenuhi kelengkapan persyaratan diatas, harus dilengkapi dengan perhitungan dan gambar instalasi serta perlengkapan bangunan sebanyak 3 set yang dibuat dan dipertanggungjawabkan oleh perencana instalasi dengan melampirkan foto copy SIBP lnstalasi. (sumber Pemprov DKI ).
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 06 November 2018
Senin, 05 November 2018
Kamis, 01 November 2018
Selasa, 30 Oktober 2018
Sabtu, 27 Oktober 2018
Minggu, 21 Oktober 2018
Kamis, 18 Oktober 2018
Selasa, 16 Oktober 2018
Minggu, 14 Oktober 2018
Jumat, 12 Oktober 2018
Kamis, 11 Oktober 2018
Senin, 08 Oktober 2018