Rabu, 31 Maret 2010

Menegpora Janji Bawa Hasil KSN ke DPR

Ist.
Beritabatavia.com - Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng berjanji akan membawa hasil Kongres Sepakbola Nasional yang digelar di Malang ke tingkat DPR, serta siap menjalankannya.

Demikian disampaikan Andi saat mengikuti Sidang Pleno III KSN di Hotel Santika, Malang, di mana ia duduk di meja sidang berdampingan dengan pimpinan sidang Agum Gumelar.

Pada pembahasan hasil sidang komisi-komisi, pemerintah banyak dituntut berperan lebih serius, konkret dan berkesinambungan untuk mengembangkan olahraga di tanah air pada umumnya, dan sepakbola pada khususnya.

Beberapa poin yang diminta anggota kongres adalah pemerintah memperbaiki dan meningkatkan fasilitas, sarana dan prasarana olahraga secara menyeluruh sampai ke
tingkat kecamatan. Juga olahraga dijadikan budaya yang ditanamkan serta dikenalkan sejak dini. Di sini, pemerintah dan lembaga olahraga harus menggandeng Kemendiknas untuk bersama-sama menjadikan kegiatan olahraga sebagai bagian dari pendidikan.

"Saya sangat mendukung setiap daerah, kecamatan, memiliki minimal satu fasilitas olahraga multicabang. Ya sepakbola, bola basket, badminton, dan lain-lain. Tidak perlu langsung bikin stadion yang besar-besar, megah-megah, yang bisa menghabiskan 60-90 miliar. Tapi itu bisa dimulai juga dari tempat-tempat olahraga dan latihan yang multifungsi dan cabang di daerah-daerah," ujar Andi.

Soal usulan pemerintah menaikkan anggaran olahraga (dan sepakbola) menjadi 3% dari APBN, Menegpora menanggapinya dengan positif. Untuk diketahui, saat ini anggaran olahraga 0,03 persen dari kas negara.

"Sekarang ini anggaran di Kemenegpora untuk olahraga sekitar Rp 1,7 triliun. Jika bisa dinaikkan menjadi 3% itu berarti bisa sampai Rp 30 triliun," tutur pria berkumis yang baru-baru ini mendeklarasikan sebagai calon ketua umum Partai Demokrat tersebut.

"Saya mendengar masukan-masukan di KSN ini dan siap menjalankannya. Akan saya bawa ini semua ke DPR. Tapi juga saya minta dukungan semua insan olahraga supaya bisa menggolkannya di DPR. Tapi saya rasa ini bisa berhasil karena sewaktu saya di Komisi IX, kita juga sudah mengusulkan anggaran 3% itu."
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 21 November 2018
Rabu, 21 November 2018
Senin, 19 November 2018
Sabtu, 17 November 2018
Jumat, 16 November 2018
Jumat, 16 November 2018
Kamis, 15 November 2018
Selasa, 13 November 2018
Senin, 12 November 2018
Minggu, 11 November 2018
Minggu, 11 November 2018
Jumat, 09 November 2018